Mabrur: Academic Journal of Hajj and Umra
Vol. 4 No. 2 (2025): Mabrur: Academic Journal Of Hajj and Umra

IMPLEMENTASI MODEL KUALITAS PELAYANAN SERVICE QUALITY (SERVQUAL) TERHADAP JEMAAH HAJI KHUSUS

Iqbal Tsani, Muhamad (Unknown)
Mujib, Abdul (Unknown)
Azis, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi model kualitas pelayanan Service Quality (SERVQUAL) pada jemaah haji khusus di PT. NRA Tour & Travel. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini menemukan bahwa lima dimensi SERVQUAL bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati telah diterapkan cukup baik. Hal ini terlihat dari fasilitas memadai, pelayanan konsisten, respons cepat, serta perhatian personal staf dan pembimbing ibadah terhadap jamaah. Meski demikian, masih terdapat kelemahan pada koordinasi internal dan pemanfaatan teknologi informasi. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan integrasi sistem pelayanan agar kualitas haji khusus semakin optimal sesuai standar yang ditetapkan Kementerian Agama.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mabrur

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Mabrur: Journal of Hajj and Umra adalah jurnal yang dapat diakses publik yang diterbitkan oleh Program Studi S-1 Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan bekerja sama dengan Perkumpulan Ahli Manajemen Haji dan Umrah (PAMHU). Jurnal ini diterbitkan ...