Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Vol. 4 No. 2 (2023): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education

Relasi Kesetaraan Gender Pada Keaktifan Belajar IPS: Studi Analisis Pada Siswa SMP Wahidin Cirebon

Rismayanti, Windy (Unknown)
Puspitasari, Ratna (Unknown)
Puspitasari, Euis (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan gender dengan keaktifan belajar baik siswa dengan siswi kelas VIII dalam mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi berlandaskan data di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi berdasarkan uji keabsahan data beserta keterkaitan pada literatur dengan menggunakan member check serta proses triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya guru tidak membedakan antara murid laki-laki dan perempuan ketika menyampaikan informasi untuk pembelajaran aktif di kelas. Siswa kelas VIII, bagaimanapun, sangat bervariasi satu sama lain. Di satu sisi, aktivitas siswa laki-laki seringkali mendorong pemikiran. Namun, ketika mengajukan pertanyaan kepada guru, murid perempuan lebih berterus terang. Namun, baik siswa maupun siswi yang berpartisipasi dalam keaktifan belajar tertarik dengan evaluasi guru terhadap model media pembelajaran yang berbeda dan permainan sebagai pengalihan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini berkaitan dengan kesetaraan gender peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Wahidin Kota Cirebon sudah cukup baik dengan hak dan kesempatan belajar yang sama. Kemudian, keaktifan belajar siswa juga menyesuaikan suasana pembelajaran dengan dukungan kecakapan guru dalam melibatkan peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

social-pedagogy

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Scope Artikel yang akan dipublikasikan merupakan hasil penelitian dan pengembangan yang di lakukan oleh dosen, guru, dan mahasiswa dalam bidang: Studi Sosial/ Pendidikan IPS Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Kajian Pendidikan Sejarah Kajian Pendidikan Ekonomi Kajian Pendidikan Geografi Kajian ...