EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Volume 3 Nomor 3 April 2024

Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Khusus Universitas Negeri Makassar Angkatan 2022

., Nurwadiati (Unknown)
Rahmi, Nurazizah (Unknown)
., Mustafa (Unknown)
Said, Awayundu (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Khusus Universitas Negeri Makassar angkatan 2022. Dukungan sosial merupakan salah satu faktor eksternal yang diyakini mampu meningkatkan motivasi mahasiswa dalam menjalani proses perkuliahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei korelasional. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dan dianalisis dengan bantuan SPSS 25. Instrumen penelitian berupa angket skala likert untuk mengukur tingkat dukungan sosial dan motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara dukungan sosial dan motivasi belajar mahasiswa. Dengan demikian, semakin tinggi dukungan sosial yang diterima mahasiswa, baik dari keluarga, teman, maupun dosen, semakin tinggi pula motivasi belajarnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EDUSTUDENT

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope Jurnal adalah 1. Administrasi Pendidikan 2. Bimbingan dan Konseling 3. Pendidikan Luar Biasa 4. Pendidikan Luar Sekolah 5. Teknologi Pendidikan 6. Pendidikan Guru Sekolah ...