Penelitian ini mengkaji tentang kinerja dewan pendidikan di dinas pendidikan kabupaten jeneponto. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pelaksanaan Kinerja dan mengetahui faktor pendukun serta penghambat Dewan Pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kabupaten Jeneponto. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kinerja Dewan Pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Jeneponto berjalan dengan efektif dan komprehensif dalam tiga aspek utama: pengambilan keputusan dalam hal ini keputusan yang diambil tidak hanya didasarkan pada intuisi atau persepsi, tetapi lebih pada bukti konkret dari data yang dihimpun. Dalam memberikan rekomendasi kebijakan kepada Dinas Pendidikan, Dewan menggunakan laporan tertulis, rapat koordinasi, dan forum konsultatif untuk memastikan bahwa setiap masukan yang diberikan telah melalui proses analisis yang mendalam. Pendekatan berbasis data ini memungkinkan kebijakan pendidikan yang dihasilkan lebih relevan dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat setempat. Selanjutnya, pelaksanaan program yang menunjukkan keterlibatan yang nyata. Mereka tidak hanya berperan dalam perumusan kebijakan, tetapi juga memastikan kebijakan tersebut dapat dipahami dan diterapkan dengan baik di lapangan. Dalam pengangkatan dan rotasi guru serta kepala sekolah, Dewan memberikan rekomendasi berdasarkan prestasi kerja, kompetensi, dan pengalaman kandidat, dengan tujuan memastikan bahwa setiap individu yang dipilih memenuhi standar yang telah ditetapkan.
Copyrights © 2024