Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi tenaga administrasi sekolah. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Lokasi penelitian di SMAN 7 Jeneponto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Supervisi Tenaga Administrasi Sekolah meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi sudah berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan supervisi, meski dalam tahap tindak lanjut, bentuk analisis supervisi, dan program perbaikan terdapat kekurangan. Pada tahap perencanaan, penyusunan program supervisi, menetapkan penggunaan teknik dan pendekatan yang sudah direncanakan. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan, dokumen yang menjadi bukti fisik terlaksananya pemaparan hasil kinerja. Kemudian tahap tindak lanjut, kegiatan yang dilakukan meliputi analisis hasil supervisi dan pelaksanaan program perbaikan namun tidak berjalan dengan baik karena dalam analisis hasil supervisinya tidak menggunakan format penlilaian yang dibuat mencakup tugas dan tanggung jawab, perilaku, serta kehadiran dalam kurun waktu satu tahun. Kemudian dalam pelaksanaan program perbaikan, salah satu Solusi yang diberikan mengikutkan TAS pada program pelatihan di luar sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024