Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan lari estafet pada anak kelompok A Paud Widuri Cilegon. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan motorik kasar anak yang ditandai dengan kurangnya kepercayaan diri, kurangnya keterlibatan anak dalam aktivitas fisik, dan dominasi pembelajaran yang berfokus pada aspek kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar anak setelah diterapkannya permainan lari estafet. Peningkatan tersebut terlihat pada tiga aspek utama yaitu kecepatan, kekuatan, dan kelincahan. Persentase anak dalam kategori berkembang sangat baik meningkat sebesar 80,4%, dan kategori berkembang sesuai harapan meningkat sebesar 17,6%. Sementara itu, kategori mulai berkembang menurun sebesar 23,52% dan kategori belum berkembang berkurang sebesar 17,6%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa permainan lari estafet efektif dalam merangsang gerak tubuh anak, meningkatkan koordinasi otot besar, serta mendorong semangat dan partisipasi anak dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, permainan lari estafet dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini secara menyenangkan dan bermakna.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025