Journal of Agricultural Social and Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Agrisociabus

Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Rebus Robusta Merapi

Fikrulhaq, Ainaya Alfatihah (Unknown)
Widowati, Indah (Unknown)
Budiarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan persepsi konsumen, pengetahuan produk, kelompok acuan, lingkungan dan situasi konsumen, serta keputusan pembelian terhadap kopi rebus robusta Merapi di Warung Kopi Merapi, (2) menganalisis pengaruh persepsi konsumen, pengetahuan produk, kelompok acuan, serta lingkungan dan situasi konsumen terhadap keputusan pembelian kopi rebus robusta Merapi di Warung Kopi Merapi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Sampel ditentukan melalui accidental sampling sebanyak 60 responden, dengan analisis deskriptif dan regresi linier berganda sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Konsumen menilai positif kualitas rasa dan harga kopi rebus robusta Merapi, memiliki pengetahuan baik tentang produk, serta dipengaruhi kelompok acuan melalui rekomendasi dan pengalaman bersama. Lingkungan dan situasi, seperti suasana dan kenyamanan warung, juga berperan, sementara keputusan pembelian didorong oleh keyakinan, pengalaman, dan kepuasan terhadap kopi rebus robusta Merapi, (2) Persepsi konsumen, pengetahuan produk, kelompok acuan, serta lingkungan dan situasi konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian kopi rebus robusta Merapi di Warung Kopi Merapi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

asb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...