Education and Counseling Journal
Vol 5 No 2 (2025): Edisi: Agustus

Efektivitas Pendekatan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar

Erdiana, Lita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa efektif penerapan gamifikasi dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar.ajar siswa kelas VI di sekolah dasar yang terletak di Kabupaten Sidoarjo. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen, di mana siswa dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menerapkan gamifikasi dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran tradisional. Data penelitian dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, serta observasi terhadap motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis gamifikasi memperoleh nilai post-test yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, motivasi belajar siswa dalam kelompok eksperimen juga tercatat lebih tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa gamifikasi tidak hanya berkontribusi pada peningkatan pemahaman akademik, tetapi juga mampu meningkatkan keterlibatan serta motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Namun, keberhasilan penerapan gamifikasi tetap bergantung pada kesiapan infrastruktur dan kompetensi pengajar. Penelitian ini merekomendasikan perlunya dukungan sistemik untuk mengintegrasikan gamifikasi ke dalam pendidikan dasar secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

consilium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal consilium adalah jurnal bidang pendidikan dan konseling untuk semua jenjang pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi (PT). jurnal consilium merupakan cerminan aspirasi guru-guru di SD – SMA yang membutuhkan ...