Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik melalui penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di kelas II SD Negeri 1 Pagedongan Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Pada siklus I, rata-rata nilai peserta didik adalah 69,47 dengan ketuntasan klasikal sebesar 52,17%. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 80,26 dengan ketuntasan klasikal mencapai 86,95%. Model PMRI terbukti mampu membuat pembelajaran lebih kontekstual, menyenangkan, dan memudahkan peserta didik dalam memahami konsep matematika. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PMRI efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas II sekolah dasar.
Copyrights © 2025