Penelitian ini mengkaji inovasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui strategi edutainment di SD Negeri 1 Bancar, sebagai respons atas rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh dominannya metode pembelajaran konvensional. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumentasi yang melibatkan guru dan siswa kelas IV, V, dan VI. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi edutainment melalui permainan digital, role playing, dan pemanfaatan platform digital berhasil meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, dan hasil belajar siswa secara signifikan. Namun, tantangan seperti kurangnya pelatihan guru, keterbatasan infrastruktur teknologi, dan kesulitan dalam menyusun instrumen penilaian yang komprehensif teridentifikasi. Studi ini menyimpulkan bahwa strategi edutainment merupakan solusi yang efektif untuk merevitalisasi pembelajaran IPS, namun memerlukan dukungan sistemik melalui pengembangan profesional guru, peningkatan sarana prasarana, dan kolaborasi kebijakan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya mencakup perluasan cakupan sampel, studi longitudinal, serta eksplorasi integrasi teknologi emerging seperti augmented reality dan artificial intelligence dalam pembelajaran berbasis edutainment.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025