Kemajuan teknologi digital mendorong perubahan signifikan dalam sistem evaluasi pembelajaran. Evaluasi tradisional dinilai kurang adaptif terhadap kebutuhan peserta didik di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi teknologi dalam evaluasi pembelajaran melalui pendekatan pedagogis berbasis model TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) untuk meningkatkan kompetensi digital peserta didik. Metode yang digunakan adalah literatur review dengan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan sumber dari jurnal baik nasional (Sinta) sebanyak 34 jurnal dan internasional (Scopus) sebanyak 5 jurnal yang membahas evaluasi pembelajaran berbasis teknologi, model TPACK, serta tantangan dan solusinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi seperti Google Forms, LMS, dan learning analytics secara efektif meningkatkan objektivitas, fleksibilitas, dan akurasi evaluasi pembelajaran. Pendekatan pedagogis berbasis TPACK memungkinkan pendidik mengintegrasikan teknologi secara bermakna sesuai dengan isi materi dan metode pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik. Meskipun demikian, integrasi ini masih menghadapi hambatan seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya literasi digital guru, dan minimnya pelatihan digital berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model evaluasi TPACK dalam integrasi teknologi berpotensi menciptakan sistem evaluasi yang adaptif, inklusif, dan mendukung penguatan kompetensi digital peserta didik di abad ke-21.
Copyrights © 2025