SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 2, No 2 (2025): Oktober 2025

Analisis Pemahaman Kognitif Mahasiswa terhadap Materi Stoikiometri melalui Soal Pilihan Ganda: Kajian pada Mahasiswa Pendidikan Kimia

Panggabean, Freddy Tua Musa (Unknown)
Ridho, Dimas (Unknown)
Pratama, Muhammad Rizky (Unknown)
Simanullang, Selafionita (Unknown)
Damanik, Kezia May Kristy Br (Unknown)
Azriany, Dianra (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman kognitif mahasiswa Pendidikan Kimia terhadap materi stoikiometri melalui pengerjaan soal pilihan ganda. Materi stoikiometri dipilih karena menuntut penguasaan konseptual sekaligus keterampilan numerik dalam menyelesaikan persoalan kuantitatif kimia. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 20 mahasiswa dan instrumen berupa 10 soal pilihan ganda yang menguji berbagai aspek penting seperti hukum dasar kimia, konsep mol, identifikasi reaktan pembatas, dan perhitungan rendemen reaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata yang diperoleh mahasiswa adalah 6,3 dari 10, dengan variasi tingkat penguasaan antar individu. Lima soal dikategorikan mudah, tiga soal sedang, dan dua soal tergolong sulit. Selain itu, analisis korelasi menunjukkan adanya keterkaitan antar soal yang mengukur konsep serupa, sekaligus mengungkap beberapa soal yang perlu direvisi karena rendahnya daya beda. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan pembelajaran kontekstual dan asesmen formatif berbasis analisis data untuk meningkatkan kualitas pemahaman stoikiometri mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...