Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perbedaan persepsi dan preferensi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Sehingga membuat beberapa jenis produk mengalami penurunan penjualan dan mengakibatkan produk kedaluwarsa (expired). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kota Gunungsitoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 63 responden. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala likert. Teknik analisis data yalng digunalkaln aldallalh analisis regresi berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memperoleh kesimpulan yakni berdasarkan hasil uji f variabel X1 (Persepsi) dan X2 (Preferensi) memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel Y (Keputusan Pembelian) yakni dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, membuktikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil uji t variabel X1 (Persepsi) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (Keputusan pembelian) dengan nilai sebesar 16,444 dan tingkat signifikansi 0,000. Variabel X2 (Preferensi) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (Keputusan pembelian) dengan nilai sebesar 2,386 dan tingkat signifikansi 0,020. Berdasarkan hasil perhitungan nilai koefisien determinasi (R Square) yaitu sebesar 668 sehingga secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa persepsi dan preferensi mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 86,8%. Untuk sisa 13,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Copyrights © 2025