Elementary of Teacher Education Journal
Vol 1 No 2 (2025): June 2025

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN ALAT MUSIK PIANIKA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS III UPT SPF SD NEGERI PANAIKANG 1 KOTA MAKASSAR

Usman, Hikmawati (Unknown)
Ramadhani, Tariza (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan alat musik pianika terhadap minat belajar siswa sekolah dasar, ditinjau dari lima indikator utama: perasaan senang, perhatian, kemauan belajar, keterlibatan, dan realisasi keinginan belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas III UPT SPF SD Negeri Panaikang 1 Kota Makassar yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar dan lembar observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model TPS berbantuan pianika secara signifikan meningkatkan perasaan senang, perhatian, dan kemauan belajar siswa. Sementara itu, peningkatan pada aspek keterlibatan dan realisasi keinginan belajar belum menunjukkan perbedaan mencolok dibanding kelas kontrol. Secara keseluruhan, model TPS dengan bantuan alat musik pianika efektif dalam meningkatkan aspek afektif siswa, terutama dalam membangkitkan suasana belajar yang menyenangkan dan mendorong motivasi intrinsik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

etedu

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

ETEDU: Elementary of Teacher Education Journal is an academic journal focusing on research, development, and innovation in the field of elementary teacher education. The journal aims to be a platform for publishing high-quality articles that examine various aspects related to elementary education, ...