Abdimas, Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 5 (2024): Mei 2024

IMPLEMENTASI DAN PELATIHAN APLIKASI P.O.S PADA FRESHAROMATIC TEMBILAHAN

Cici nurmalayuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2024

Abstract

Aplikasi Point of Sales (POS) merupakan sebuah perangkat lunak yang dirancanguntuk mencatat transaksi penjualan pada Toko Usaha fresharomatic untuk membantu kegiatanoperasional dan mempercepat proses pelayanan pada toko sehingga pelayanan terhadappembeli dapat ditingkatkan.Kurangnya efisien dalam pengolahan data yang diperoleh yangmenyebabkan kerugian, Belum adanya proses transaksi yang dapat mengelola secara rinci,Sering terjadi kesalahan saat melakukan pengelolaan data maka sistem informasi ini sangatdibutuhkan untuk Toko Usaha fresharomatic. Oleh karena itu sistem Point of Sales (POS) yang berbasis web dapat memudahkan sistem perekapan data penjualan dan dalam hal ini dapat memicu perkembangan teknologi karena pada saat ini sistem yang digunakan masih sistemmanual. Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat membantupencatatan transaksi berdasarkan pembelian. Metode penelitian yang dipakai adalah metodeExtreme Programming dimana tahapannya dimulai dari perencanaan atau planning,perancangan, dan implementasi atau coding. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaituwawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang dilakukan untuk mengetahui kebutuhandari aplikasi Point of Sales (POS). Penelitian ini berharap mempermudah dalam pengolahaninformasi data dan dalam penggunaan transaksi penjualan bagi Toko Usaha fresaromatic.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

ABDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil Pengabdian Kepada Masyarakat yang di Lakukan para Dosen-dosen yang ada di Indonesia maupun Luar Negeri berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, ...