Abdimas, Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 12 (2024): Desember 2024

IMPLEMENTASI DAN PELATIHAN APLIKASI P.O.S UNTUK OPTIMASI PENGELOLAAN USAHA PADA WARUNG ALICIA BANANA

Adriyan (Unknown)
M. Fernandes Putra Arthesa (Unknown)
Maulana Putra, M. Naofal (Unknown)
Muhammad Jibril (Unknown)
Zulrahmadi (Unknown)
Abdul Muni (Unknown)
Achmad Isya Alfassa (Unknown)
Syafrizal Thaher (Unknown)
Ilyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Implementasi teknologi informasi dalam usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi dan pelatihan aplikasi Point of Sale (POS) di Warung Alicia Banana, sebuah usaha yang berfokus pada produk berbasis pisang. Metode penelitian mencakup observasi, wawancara, dan pengembangan aplikasi POS yang diintegrasikan dengan pelatihan untuk pengguna. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi POS mampu mengatasi tantangan operasional, seperti pencatatan transaksi manual yang tidak efisien, meningkatkan kecepatan pelayanan, serta akurasi data keuangan. Evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi UKM lain untuk mengadopsi teknologi serupa guna mendukung transformasi digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

ABDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil Pengabdian Kepada Masyarakat yang di Lakukan para Dosen-dosen yang ada di Indonesia maupun Luar Negeri berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, ...