Modul adalah buku yang dirancang untuk dipelajari peserta didik secara mandiri atau di bawah bimbingan seorang guru karena sudah dilengkapi petunjuk belajar sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui analisis kebutuhan, proses pengembangan, dan kelayakan modul sebagai bahan ajar pada submateri kelainan sistem peredaran darah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan memodifikasi model Borg and Gall sampai tahap revisi produk. Hasil dari penelitian ini yaitu secara keseluruhan nilai rata-rata hasil uji validasi modul submateri kelainan sistem peredaran darah yang dikembangkan ini adalah 0,89, dengan kategori sangat valid dari segi isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan. Hal ini membuktikan bahwa modul yang telah dikembangkan telah memenuhi keempat aspek dalam pengujian validasi berdasarkan penilaian dari para validator, sehingga modul ini layak digunakan sebagai bahan ajar sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.
Copyrights © 2023