Tujuan penelitian menghasilkan media audio visual berbasis life skill materi upaya penanggulangan pencemaran lingkungan. Prosedur pengembangan berdasarkan model Lee & Owens sebagai berikut: 1) analyze, 2) design, 3) development, 4 implementation, dan 5) evaluation. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil validator ahli media 96%, ahli desain 94%, ahli materi 92%, uji kelompok kecil 97% dan uji kelompok besar 95%. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis life skill layak digunakan sebagai media pembelajaran dimana membangkitkan motivasi belajar siswa, sebagaimana hal ini juga berkaitan dengan life skill antara lain kemampuan berkomunikasi, memecahkan masalah, berkolaborasi, mengambil keputusan, berempati, berpikir kreatif dan dapat dipercaya. Disimpulkan mampu menghasilkan media audio visual berbasis life skill valid dan layak digunakan pada materi upaya penanggulangan pencemaran lingkugan di SMA Negeri 3 Fatuleu
Copyrights © 2023