Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan kinerja staf pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah Staf Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember dengan jumlah sampel sebanyak 67 orang. Variabel eksogen dalam penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional (X). Variabel intervensi adalah Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Z). Variabel endogen adalah kinerja karyawan (Y). Analisis data dilakukan menggunakan SEM PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja staf pendidikan, serta memiliki pengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior. Selain itu, Organizational Citizenship Behavior juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja staf pendidikan. Organizational Citizenship Behavior memberikan efek mediasi penuh antara kepemimpinan transformasional dan kinerja. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan terutama terkait dengan sifat subjektif responden dalam penggunaan instrumen kuesioner untuk pengumpulan data. Selain itu, variabel yang digunakan dalam penelitian ini terbatas hanya pada kepemimpinan transformasional dan OCB dalam menjelaskan kinerja.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024