cover
Contact Name
Ipung Dwiansyah
Contact Email
ipungdwiansyah@unmuhjember.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
journal.jmbi@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember 68121
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA
ISSN : 24432830     EISSN : 24609471     DOI : https://doi.org/10.32528/jmbi
Core Subject : Humanities,
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA adalah publikasi yang dikelola akademisi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember, Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia menerbitkan artikel secara berkala pada bulan Juni dan Desember secara cetak (print) dan elektronik (online). Jurnal manajemen dan bisnis Indonesia Memuat Artikel dibidang ekonomi khususnya ilmu manajemen, yang meliputi manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia dan kewirausahaan.
Articles 75 Documents
Analisis Convenience, Trust dan Subjective Norm terhadap Customer Satisfaction yang Dimediasi oleh User Behavior Belanja Online Aisha, Raviqa; Kurniawati, Kurniawati
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol. 9 No. 1 (2023): Edisi Bulan Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jmbi.v9i1.164

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh convenience, trust, dan subjective norm terhadap kepuasan pelanggan yang dimediasi oleh user behavior belanja online. Metode pendekatan yang digunakan adalah sampling melalui penyebaran kuesioner. Penelitian dilakukan terhadap 201 responden secara purposive sampling, dan dianalisis dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling). Program yang digunakan dalam SEM ini adalah AMOS (analisis struktur momen). Makalah ini secara empiris menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari trust dan subjective norm terhadap user behavior belanja online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa convenience tidak berpengaruh positif terhadap user behavior. User behavior memiliki efek positif pada customer satisfaction. Convenience tidak berpengaruh positif terhadap customer satisfaction dimediasi oleh user behavior, trust berpengaruh positif terhadap customer satisfaction dimediasi oleh user behavior, subjective norm berpengaruh positif terhadap customer satisfaction dimediasi oleh user behavior. Disarankan kepada pengelola untuk memastikan kualitas produk dan membuat program taktis untuk kepuasan pelanggan belanja online.
Pengaruh Content Marketing, Influencer Marketing, Online Custumer Review Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Di Tiktok Satiawan, Adil; Hamid, Rahmad Solling; Maszudi, Edi
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol. 9 No. 1 (2023): Edisi Bulan Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jmbi.v9i1.238

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online content marketing, influencer marketing, online custumer review terhadap keputusan pembelian dengan kepuasan konsumen pada Tiktok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja online pada toko online di Tiktok yang belum diketahui dengan pasti jumlahnya. pengambilan sample diambil dengan menggunakan sample non probabilitas dan telah diperoleh sebanyak 160 jumlah sample responden pengguna yang telah melakukan pembelian di Tiktok. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan partial least square (PLS). Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini mengindikasikan bahwa content marketing mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, influencer marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, keputusan pembelian berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, dan online custumer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Namun, terdapat hasil yang bervariasi yaitu content marketing masih belum berperan baik dalam menentukan tingkat keputusan konsumen, influencer marketing belum berperan baik dalam menentukan keputusan pembelian, online custumer review belum berperan baik terhadap kepuasan konsumen.
Peran Customer Experience, Daya Tarik dan E-Wom Dalam Menentukan Kepuasan Dan Minat Berkunjung Kembali Alfin, Alfiansyah; Hamid, Rahmad Solling; Maszudi, Edi
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol. 9 No. 1 (2023): Edisi Bulan Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jmbi.v9i1.240

Abstract

Tanah Toraja merupakan suku yang berada di pegunungan bagian Utara Sulawesi Selatan, Indonesia. Suku Toraja mayoritas memeluk agama Kristen sementara sebagin menganut agama Islam dan kepercayaan orang dulu yang dikenal sebagai Aluk to Dolo. Toraja merupakan salah satu daerah yang ada di Indonesia yang memiliki potensi pariwisata yang cukup besar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis costumer experience, daya tarik, e-wom terhadap kepuasan dan minat berkunjung kembali. Jumlah keseluruhan dari populasi dalam penelitian belum diketahui, maka pengambilan sampel di ambil dengan menggunkan sample non probabilitas dan telah diperoleh sebanyak 172 jumlah sampel responden wisatawan yang pernah mengunjungi wisata yang ada di Tanah Toraja. pengujian hipotesis menggunakan teknik struktural Equation Model. Berdasarkan hasil penelitian customer experience berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kepuasan, customer experience berpengaruh signifikan secara langsung terhadap minat berkunjung kembali, daya tarik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, daya tarik berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap minat berkunjung kembali, e-wom berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan, e-wom berpengaruh signiikan terhadap minat berkunjung kembali dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali
Peran E-wom Konten Marketing dan Lifestyle Dalam Meningkatkan Kepercayaan Dan Minat Beli Generasi Milenial Pada Tokopedia Idris, Irfat Nur; Hamid, Rahmad Solling; Maszudi, Edi
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol. 9 No. 1 (2023): Edisi Bulan Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jmbi.v9i1.241

Abstract

Saat ini ada berbagai platform online yang mendukung berbagai kegiatan manusia seperti dalam kegiatan belanja, Tokopedia menjadi salah satu e-comerce yang banyak diminati oleh masyarakat, karena inovasi yang selalu dilakukan oleh Tokopedia untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen sebagai platform jual beli online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran e-wom, konten marketing, lifestyle dalam meningkatkan kepercayaan dan minat beli generasi milenial pada Tokopedia. Jumlah keseluruhan dari populasi dalam riset ini belum diketahui, maka pengambilan sample diambil dengan memakai sample non probabilitas dan telah diperoleh sebanyak 155 jumlah sample responden costomer generasi milenial pada toko pedia. Pengujian hipotesis menggunakan teknik Struktural Equation Model. Berdasarkan hasil penelitian e-wom terhadap kepercayaan tidak berpengaruh signinifikan, e-wom terhadap minat beli tidak berpengaruh sinifikan, konten marketing berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, konten marketing berpengaruh signifikan terhadap minat beli, lifestyle berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, lifestyle terhadap minat beli tidak berpengaruh signifikan, kepercayaan terhadap minat beli tidak berpengaruh signifikan
Dampak Pandemi Covid-19 : Kinerja Dan Strategi Perbankan Di Indonesia Pramitasari, Triska Dewi
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol. 9 No. 1 (2023): Edisi Bulan Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jmbi.v9i1.261

Abstract

Pandemi Covid-19 menghantam industri perbankan Indonesia melalui pertumbuhan ekonomi yang semakin melemah sehingga mengakibatkan perlambatan pertumbuhan kredit dan berujung pada menurunnya profitabilitas perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kinerja perbankan sebelum dan selama pandemi Covid-19 serta merumuskan strategi alternatif untuk meningkatkan kinerja perbankan. Sampel penelitian terdiri dari 4 perbankan dengan metode sampling jenuh (sensus) yaitu bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Kinerja diukur menggunakan lima rasio keuangan yaitu ROA, BOPO, NPL, CAR, dan LDR dengan metode analisis uji beda (Paired T-Test). Studi ini menemukan bahwa rasio keuangan dalam bentuk ROA, BOPO, CAR dan LDR sebelum dan selama pandemi Covid-19 memiliki nilai yang berbeda secara signifikan, sedangkan NPL tidak berbeda secara signifikan. Adapun strategi yang dapat dilakukan diantaranya: pembiayaan yang terfokus pada industri yang memiliki prospek, inovasi dan kreativitas bank, digital banking, pengelolaan mitigasi risiko secara tepat, dan program CSR melalui pendidikan dan pelatihan online bagi pelaku UMKM.
Pengaruh Literasi Keuangan, Teman Sebaya, Electronic Money, Gaya Hidup, dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Haq, Irdhiana Ilma; Tubastuvi, Naelati; Purwidianti, Wida; Widhidanono, Hengky
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol. 9 No. 1 (2023): Edisi Bulan Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jmbi.v9i1.349

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan, teman sebaya, electronic money, gaya hidup, dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Jenderal Soedirman, dan Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri dari angkatan 2019-2021. Penelitian ini menerapkan metode pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 134 mahasiswa atau responden yang diperoleh dengan menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner dengan pengukuran skala likert 5 poin dan jenis data pada penelitian ini memakai jenis pengumpulan data primer. Data yang didapatkan diolah dengan memakai pengujian asumsi klasik, hipotesis, dan analisis regresi linear bergdana dengan alat analisis yang digunakan adalah SPSS. Secara parsial hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Literasi Keuangan, Teman Sebaya, dan Kontrol Diri tidak memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, sedangkan variabel Electronic Money dan Gaya Hidup memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Berdasarkan penelitian ini, untuk mencegah perilaku konsumtif maka perlu memperhatikan penggunaan electronic money dan menjaga gaya hidup.
Factors Analysis of Islamic Work Ethics as Antecedent on Work Motivation and Job Performance in Indonesia Murniyati, Dwi; Dessyarti, Robby
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol. 9 No. 1 (2023): Edisi Bulan Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jmbi.v9i1.359

Abstract

Penelitian tentang etika kerja memiliki banyak perspektif, melalui perspektif penelitian ini menyelidiki hubungan antara pengaruh faktor etos kerja Islami terhadap motivasi kerja dan kinerja pegawai di beberapa provinsi di Indonesia. Dengan 58 responden karyawan yang memiliki latar belakang tempat kerja Islami di Indonesia. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria karyawan yang telah bekerja lebih dari 1 tahun. Responden populasi adalah 108 karyawan dan analisis data yang digunakan 58 sampel responden dengan metode convenience sampling. Metode penelitian menggunakan analisis bagian dengan metode warpPLS analisis jalur dan kuadrat terkecil parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etos kerja islami itqan dan nafii'un lighairi memiliki korelasi positif dengan motivasi kerja dan prestasi kerja. Implikasi dan keterbatasan penelitian ini dibahas
Determinan Rekrutmen Online Generasi Y dan Z di Perusahaan ABC Kholifah, Chika Dewi; Ahsan, Muhamad; Fatmah, Fatmah
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol. 9 No. 1 (2023): Edisi Bulan Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jmbi.v9i1.380

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh daya tarik perusahaan, reputasi perusahaan, dan rekrutmen online dengan reputasi perusahaan sebagai mediasi daya Tarik perusahaan terhadap minat melamar pekerjaan pada generasi Y dan Z pengguna platform TikTok di Perusahaan ABC. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui google form pada 96 responden. Data yang terkumpul dianalisis dengan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi perusahaan dan rekrutmen online berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar pekerjaan pada generasi Y dan Z pengguna platform TikTok di Perusahaan ABC. Reputasi perusahaan memediasi pengaruh daya tarik perusahaan terhadap minat melamar pekerjaan pada generasi Y dan Z pengguna platform TikTok di Perusahaan ABC. Implikasi praktis, Perusahaan ABC hendaknya mengembangkan strategi dalam proses rekrutmen online dan meningkatkan reputasi perusahaan untuk menarik minat pelamar dari generasi Y dan Z.
Pengaruh Kompetensi Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Melalui Komitmen Pegawai Sebagai Variabel Intervening Di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Jember Hendrawan, Bagus; Nursaid, Nursaid; Sanosra, Abadi
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol. 9 No. 1 (2023): Edisi Bulan Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jmbi.v9i1.404

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni mengevaluasi pengaruh kompetensi dan pelatihan terhadap kinerja dengan komitmen pegawai sebagai variable intervening di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Jember. Sampel melibatkan seluruh pegawai yakni sejumlah 144 orang. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) software WarpPLS 7.0. Dari hasil analisis data, dapat diterangkan bahwa variabel kompetensi dan pelatihan berpengaruh signifikan terhadap komitmen pegawai. Kompetensi, pelatihan dan komitmen pegawai berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Kompetensi dan pelatihan berpengaruh signifikan tidak langsung terhadap kinerja melalui komitmen pegawai
Interaksi Pendidikan dan Pola Pikir Kewirausahaan Terhadap Minat Kewirausahaan Pada Mahasiswa FEB UMG Respati, Putra Panji; Kurniawan, Aries; Cahyadi, Nur
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol. 9 No. 1 (2023): Edisi Bulan Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jmbi.v9i1.410

Abstract

Pengangguran yang semakin tinggi di Indonesia akibat dampak dari pandemi, kebijakan PHK di perusahaan dan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia menjadikan wirausaha adalah salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk masalah tersebut. Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan juga turut membantu masalah pengangguran, salah satu cara yang dilakukan adalah melalui pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data diperoleh melalui penyebaran kuisioner serta dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat interaksi yang siginifikan padapendidikankewirausahaan terhadap pola pikir kewirausahaan sebesar 3,964 (T-Statistics). Pendidikan kewirausahaan berinteraksi tetapi tidak signifikan terhadap minat kewirausahaan sebesar 0,554 (T-Statistics) dan pola pikir kewirausahaan berinteraksi tetapi tidak signifikan terhadap minat kewirausahaan sebesar 0,487 (T-Statistics).