Penelitian ini berjudul "Penerapan Metode Simple Additive Weighting dalam Menentukan Penerimaan Bantuan Sumbangan Pembinaan Pendidikan untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Swasta" bertujuan mengatasi tantangan penentuan siswa yang layak menerima bantuan pendidikan secara efektif dan objektif. Fokus pada SMK di Kabupaten Bogor, penelitian ini menerapkan metode SAW dengan lima kriteria: absensi, nilai akademik, sikap, dan penghasilan orang tua. Kriteria-kriteria ini digunakan dalam perhitungan metode SAW untuk menghasilkan keputusan yang mendukung penentuan penerima bantuan SPP, mengatasi masalah alokasi bantuan yang kurang tepat sasaran dan proses seleksi yang masih subjektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SAW efektif dalam memberikan hasil penilaian yang akurat untuk mendukung rekomendasi penerimaan bantuan, meningkatkan ketepatan proses seleksi. Selain itu, penelitian memberikan peringkat rekomendasi siswa berdasarkan nilai tertinggi hingga terendah. Evaluasi kelayakan sistem melalui PSSUQ menampilkan hasil sangat layak digunakan, dengan kategori SYSUSE 94%, INFOQUAL 94%, INTERQUAL 91%, dan OVERALL 93%. Pengujian ketepatan metode SAW menggunakan Spearman Rank memberikan nilai 0,433, yang menunjukkan korelasi “Sedang” dalam mendukung seleksi siswa penerima bantuan. Kesimpulannya, penerapan metode SAW di Kabupaten Bogor terbukti efektif dan layak dalam menyeleksi siswa penerima bantuan pendidikan secara objektif dan transparan.
Copyrights © 2025