Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan inovasi pembelajaran dengan pendekatan interaktif dilakukan melalui penggunaan metode diskusi, tanya jawab, permainan edukatif, dan media pembelajaran yang menarik. Strategi ini mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, mendorong interaksi aktif, serta menumbuhkan rasa ingin tahu terhadap materi Sejarah Kebudayaan Islam. Temuan penelitian juga mengungkap bahwa minat belajar siswa meningkat ditandai dengan keaktifan bertanya, ketekunan mengikuti pelajaran, dan antusiasme dalam mengerjakan tugas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa inovasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan pendekatan interaktif memiliki peran penting dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025