Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Bahasa Inggris berbasis kasus yang mengangkat isu etika digital dan hukum siber pada mata kuliah Pendidikan Karakter di Universitas Victory Sorong. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan case based learning mampu meningkatkan keterampilan berbahasa mahasiswa (speaking, reading, writing, dan listening) secara kontekstual. Selain itu, mahasiswa juga menunjukkan peningkatan kesadaran terhadap isu-isu etika digital seperti plagiarisme, hoaks, dan pelanggaran hak cipta. Persepsi mahasiswa terhadap model pembelajaran ini positif karena dianggap relevan, aplikatif, dan mendorong keberanian mereka dalam berekspresi dalam Bahasa Inggris. Model ini menjadikan Bahasa Inggris bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga sarana membangun karakter sebagai digital citizens. Temuan ini diharapkan memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum pembelajaran Bahasa Inggris yang lebih kontekstual di era digital.
Copyrights © 2025