Jurnal Berbasis Sosial
Vol 1 No 1 (2020): JBS

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM URANGGANTUNG SUKODONO LUMAJANG

Nur Fadila (Unknown)
Nurhafid Ishari (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh realita di lapangan yang menjelaskan bahwakurang optimalnya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalampembelajaran, penggunaan serta keterlibatan media yang kurang maksimal,sehingga berdampak kepada keterampilan siswa dalam menulis, mayoritas siswamelakukan aktivitasnya sendiri saat pembelajaran sedang berlangsung.Berdasarkan dari dokumentasi nilai keterampilan menulis cerita siswa kelas V,diperoleh data sebanyak 70% dari jumlah 21 siswa yang nilainya mencapai KKM.Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana penerapandanpeningkatan keterampilan menulis cerita melalui model pembelajaran WordSquare pada pelajaran bahasa indonesia di kelas V Madrasah Ibtidaiyah NurulIslam Uranggantung Sukodono Lumajang. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui penerapan dan peningkatan keterampilan menulis cerita melaluimodel pembelaran Word Square pada pelajaran bahasa indonesia di Kelas VMadrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Uranggantung Sukodono Lumajang. Metodepenelitian yang digunakan metode PTK dengan subjek penelitian 21 siswa.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi 4 tahap; Planning,Acting, Observing, Reflecting . Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara,observasi, dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modelpembelajaran Word Square dapat dikategorikan baik. Hal ini terbukti denganperolehan observasi aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan. Darihasil penelitian yang dilakukan dapat disimpilkan bahwa dengan menerapkanmodel pembelajaran word square dapat meningkatkan keterampilan siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jbs

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JBS (Journal Berbasis Sosial) adalah journal yang menerbitkan naskah-naskah tentang penelitian dan pengabdian masyrakat dibidang pendidikan ilmu social dan ilmu sosial. Adapun yang termaksud kedalam rumpun ilmu sosial adalah, Sosiologi sejarah, Geografi, ekonomi, Antropologi, Agama, Komunikasi dan ...