cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnalberbasissosial@gmail.com
Phone
+6285270366919
Journal Mail Official
jurnalberbasissosial@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sei Batang Serangan, Kwala Bingai, Kec. Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara 20811
Location
Kab. langkat,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Berbasis Sosial
ISSN : 27230430     EISSN : 27230449     DOI : -
JBS (Journal Berbasis Sosial) adalah journal yang menerbitkan naskah-naskah tentang penelitian dan pengabdian masyrakat dibidang pendidikan ilmu social dan ilmu sosial. Adapun yang termaksud kedalam rumpun ilmu sosial adalah, Sosiologi sejarah, Geografi, ekonomi, Antropologi, Agama, Komunikasi dan Parawisata. JBS diterbitkan oleh Prodi Pendidikan IPS STKIP AL MAKSUM
Articles 35 Documents
DAMPAK SOSIAL MEDIA TERHADAP PERILAKU BERPACARAN REMAJA DI SMAN 1 BAHOROK Kahar Mashuri
Jurnal Berbasis Sosial Vol 1 No 1 (2020): JBS
Publisher : Prodi Pendidikan IPS STKIP AL MAKSUM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media sosial dapat mempengaruhi perilaku dari penggunanya, dari pengaruh yang baiksampai pengaruh yang buruk. Dampak baik dari media sosial diantaranya adalah penunjanguntuk menumbuhkan minat belajar, mencari informasi tentang pendidikan, Sedangkandengan mudahnya mengakses media sosial dan kurangnya pengawasan dalam menggunakanmedia social dapat mengakibatkan penyalahgunaan dalam mengakses media social, diantaramengakses situs-situs yang berbau pornografi. Tujuan penulisan ini adalah untukmemberikan gambaran pengaruh paparan sosial media terhadap perilaku berpacaran padaremaja di SMA 1 Bahorok. Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik. Rancanganpenulisan yang digunakan dalam penulisan ini adalah cross sectional dengan populasi siswaSMA 1 Bahorok kelas XI dengan jumlah 99 responden. Sampel yang digunakan sejumlah 79responden yang didapatkan menggunakan teknik sampling simple random sampling. Darihasil penulisan Paparan sosial media sebagian besar berdampak pada perilaku negative 79responden (79,8%). Status pacaran sebagian besar responden pernah melakukan pacaran 73responden (73,3%). Gaya berpacaran terdapat 18 responden yang pernah melakukan ciuman(18,2%), 11 responden yang pernah bercumbu dengan pasangannya (11,1%) dan terdapat 1responden yang pernah melakukan hubungan seksual dengan pasangannya (1%). Perilakuberpacaran yang dilakukan siswa sebagian besar siswa yang menjalin hubungan (pacaran)mempunyai perilaku yang tidak beresiko 77 responden (77,8%). Uji Chi Square didapatkan pvalue 0,039 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara paparan media socialdengan perilaku pacaran pada siswa kelas SMA 1 Bahorok Kata Kunci: Perilaku, Media Sosial, Pacaran
SEJARAH SUKU MANDAILING DI KECAMATAN BANDAR KABUPATEN SIMALUNGUN Zulham Siregar
Jurnal Berbasis Sosial Vol 1 No 1 (2020): JBS
Publisher : Prodi Pendidikan IPS STKIP AL MAKSUM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Suku Mandailing merupakan salah etnis yang mendiami beberapa wilayah diKabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Mandailing Natal. Etnis MandailingMempunyai banyak perjalanan kisah sejarahnya, hingga sampai saat ini EtnisMandailing telah menyebar luas keberbagai wilayah yang ada dinusantara. Adayang tetap bertani sebagai mata pencahariannya dan ada pula yang bekerja diluardari pertanian. Penyebaran dari suku Mandailing ini salah satunya adalahdikecamatan Bandar Provinsi Sumatarea Utara. Perpindahan Etnis Mandailing keKecamatan Bandar mengandung nilai-nilai filosofi yang masih dipercaya olehmereka hingga saat ini. Adapun nilai filosofi budaya Mandailing yaitu hagabeon,hasangapon, hamaraon dan sahala.bertambahnya penduduk yang cukup pesatbukan hanya menimbulkan tekanan terhadap lahan pertanian, namun juga disektorperekonomian dan pembangunan. Selama penjajahan yang dilakukan kolonialBelanda, mereka diharapkan tidak kekurangan beras di perkebunan. Penelitian iniadalah penelitian sejarah yang bersifat deskriptif sehingga memberikan gambaranyang lebih mendalam mengenai gejala dan kejadian sosial yang terjadi padamasyarakat suku Mandailing , khususnya sejarah perpindahan suku mandailingkekecamatan Bandar. Perpindahan orang-orang mandailing ke Kecamatan Bandarmerupakan realitas sosial dan fakta sejarah dalam konteks lokal yang tentunyamenjadi referensi dalam penulisan sejarah lokal. Berdasarkan hal tersebutlahperlunya kajian lebih mendalam untuk menambah kazhanah dalam penelitainsejarah lokal khususnya dikecamatan Bandar
STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI DALAM PENINGKATAN EXCELLENT SERVICE DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG LUMAJANG Putri Kamilatul Rohmi
Jurnal Berbasis Sosial Vol 1 No 1 (2020): JBS
Publisher : Prodi Pendidikan IPS STKIP AL MAKSUM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan strategi pengembangan Sumber DayaInsani (SDI) yang meliputi pelatihan dan pengembangan pegawai dalampeningkatan excellent service di Bank Syariah Mandiri Cabang Lumajang. Teknikpengumpulan data melalui tiga tahap yaitu observasi, wawancara, dandokumentasi. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari dua bagian yakni, dataprimer dan sekunder. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakanmetode deskriptif dan divalidasi dengan menggunakan teknik triangulasi. Darihasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan sumber daya insaniyang diimplementasikan oleh Bank Syariah Mandiri Cabang Lumajang terdiri dariberbagai pelatihan dan pengembangan yang mana sangat berpengaruh terhadappeningkatan excellent service.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT) DAN JIGSAW TERHADAP MOTIVASI PADA MATERI SEJARAH LOKAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 STABAT Renni Ramadhani Lubis
Jurnal Berbasis Sosial Vol 1 No 1 (2020): JBS
Publisher : Prodi Pendidikan IPS STKIP AL MAKSUM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement) danModel Pembelajaran Jigsaw Terhadap Motivasi Pada Siswa Kelas VII Di SMPNegeri 5 Stabat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) interaksi antaramodel pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa padamateri Sejarah Lokal, 2) perbedaan prestasi belajar IPS siswa yang dibelajarkandengan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement) dan Jigsaw, 3)perbedaan prestasi belajar IPS siswa pada materi sejarah loakl yang mempunyaimotivasi belajar rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD(Student Teams Achievement) dan Jigsaw, Penelitian dilakukan di SMP Negeri 5Stabat kelas VII. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster RandomSampling.Simpulan dari penelitian ini adalah 1) ada interaksi antara modelpembelajaran (sig 0,018<0,05), motivasi belajar (sig 0,015<0,05) serta interaksimodel dan motivasi (sig 0,03<0,05) 2) rata-rata prestasi belajar siswa IPS siswayang menggunakan model pembelajaran STAD (student teams achievement) lebihtinggi dibandingkan dengan Jigsaw 86,20 >84,58.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM URANGGANTUNG SUKODONO LUMAJANG Nur Fadila; Nurhafid Ishari
Jurnal Berbasis Sosial Vol 1 No 1 (2020): JBS
Publisher : Prodi Pendidikan IPS STKIP AL MAKSUM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh realita di lapangan yang menjelaskan bahwakurang optimalnya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalampembelajaran, penggunaan serta keterlibatan media yang kurang maksimal,sehingga berdampak kepada keterampilan siswa dalam menulis, mayoritas siswamelakukan aktivitasnya sendiri saat pembelajaran sedang berlangsung.Berdasarkan dari dokumentasi nilai keterampilan menulis cerita siswa kelas V,diperoleh data sebanyak 70% dari jumlah 21 siswa yang nilainya mencapai KKM.Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana penerapandanpeningkatan keterampilan menulis cerita melalui model pembelajaran WordSquare pada pelajaran bahasa indonesia di kelas V Madrasah Ibtidaiyah NurulIslam Uranggantung Sukodono Lumajang. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui penerapan dan peningkatan keterampilan menulis cerita melaluimodel pembelaran Word Square pada pelajaran bahasa indonesia di Kelas VMadrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Uranggantung Sukodono Lumajang. Metodepenelitian yang digunakan metode PTK dengan subjek penelitian 21 siswa.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi 4 tahap; Planning,Acting, Observing, Reflecting . Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara,observasi, dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modelpembelajaran Word Square dapat dikategorikan baik. Hal ini terbukti denganperolehan observasi aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan. Darihasil penelitian yang dilakukan dapat disimpilkan bahwa dengan menerapkanmodel pembelajaran word square dapat meningkatkan keterampilan siswa.
PENGARUH PENGETAHUAN ANGGOTA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT UGT SIDOGIRI CABANG PEMBANTU RANDUAGUNG LUMAJANG Umi Suswati Risnaeni; Dhiasti Eka Wulandari
Jurnal Berbasis Sosial Vol 1 No 1 (2020): JBS
Publisher : Prodi Pendidikan IPS STKIP AL MAKSUM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang akan berpengaruh terhadappengambilan keputusan. Semakin luas pengetahuan seseorang semakinmempermudah pengambilan keputusan. Ketika anggota memiliki pengetahuandan informasi yang lebih banyak maka ia akan lebih baik dalam mengambilkeputusan. Fokus penelitian adalah : 1) Adakah Pengaruh Pengetahuan AnggotaTerhadap Pengambilan Keputusan Pembiayaan Murabahah di BMT UGT SidogiriCapem Randuagung Lumajang?, 2) Seberapa Besar Pengaruh PengetahuanAnggota Terhadap Pengambilan Keputusan Pembiayaan Murabahah tersebut.Tujuan penelitian adalah :1) Untuk mengetahui Pengaruh Pengetahuan AnggotaTerhadap Pengambilan Keputusan Pembiayaan Murabahah di BMT UGT SidogiriCapem Randuagung Lumajang. 2) Seberapa Besar Pengaruh PengetahuanAnggota Terhadap Pengambilan Keputusan Pembiayaan Murabahah tersebut.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan datamenggunakan angket, observasi,dan dokumentasi. Adapun analisa datamenggunakan metode analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan anggota terhadappengambilan keputusan pembiayaan murabahah di BMT UGT Sidogiri CapemRanduagung Lumajang, dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t yaitu nilai tstatistik12,765 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.Maka dapat diartikan bahwa (Ho) yaitu tidak ada pengaruh pengetahuan anggotaterhadap pengambilan keputusan pembiayaan murabahah ditolak, dan (Ha) yaituada pengaruh pengetahuan anggota terhadap pengambilan keputusan pembiayaanmurabahah diterima. 2) Varibel pengetahuan anggota (X) dengan variabelPengambilan keputusan pembiayaan murabahah (Y) memiliki pengaruh sebesar64,5% terhadap variabel Y. Dibuktikan dari hasil pengujian signifikansi korelasidiketahui nilai R2 adalah 0,645. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengetahuandapat meningkatkan pengambilan keputusan pembiayaan murabahah di BMTUGT Sidogiri Capem Randuagung Lumajang.
MENERAPKAN KARAKTER BERGOTONG ROYONG, TOLERANSI DAN SIKAP CINTA TANAH AIR PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP SWASTA AL MAKSUM STABAT Eka Darliana
Jurnal Berbasis Sosial Vol 1 No 1 (2020): JBS
Publisher : Prodi Pendidikan IPS STKIP AL MAKSUM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran IPS menjadi landasan penting bagi perkembangan intelektual,emosional, budaya, dan sosial peserta didik. Jumlah masalah sosial mungkindisebabkan oleh terlalu rendahnya pendidikan IPS. Dengan metode penelitianstudi kasus kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasiuntuk menjawab pertanyaan-pertanyaan fokus adalah: Bagaimana cara belajar,membentuk karakter gotong royong, toleransi, sikap cinta tanah air dalampembelajaran sosial siswa di SMP Swasta AL Maksum. Hasil wawancaradiperoleh dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMP Swasta ALMaksum. Proses mengintegrasikan pendidikan karakter gotong royong, toleransidan cinta tanah air dengan mata pelajaran IPS sehingga guru akan lebih mudahuntuk mengintegrasikan ke dalam materi yang akan diajarkandan dalammenerapkan siswa di kelas, memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter ke dalamSehingga RPP menjadi satu kesatuan yang nantinya peserta didik dapatmembentuk sikap sosial dalam proses pembelajaran sosial yang berlangsung diSMP Swasta AL Maksum.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) UNTUK MENINGKATKAN KOMPTENSI GURU DI SD NEGERI SEKECAMATAN STABAT IRFAN DAHNIAL
Jurnal Berbasis Sosial Vol 1 No 1 (2020): JBS
Publisher : Prodi Pendidikan IPS STKIP AL MAKSUM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masyarakat di Indonesia harus peduli akan lingkungan yang ada di sekitarmereka. Selama ini banyak masyarakat yang tidak peduli akan lingkungan.Kareperlu di tangani di karenakan adanya beberapa faktor yang mempengaruhinyasalah satunya yaitu adanya masalah mengenai keadaan lingkungan hidup sepertikemerosotan atau degradasi yang terjadi di berbagai daerah. Secara rasional adadua alasan utama mengapa pendidikan lingkungan hidup harus di berikan secaradini: pertama anak anak harus mengembangkan rasa mencintai lingkungan hiduppada usia yang dini. Peserta didik di siapkan utuk memiliki kemampuan untukmengaktualisasikan pemahaman lingkungannya setiap saat, selama lamanyameskipun tidak di bangku sekolah/perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untukmemunculkan kepedulian kepada siswa sekolah dasar akan makna pentingnyalingkungan hidup. Dan dengan adanya tulisan ini di harapkan dapat memnberikaninformasi kepada pemerintah dan pihak sekolah akan pentingnya pendidikanlingkungan hidup bagi anak anak. Dengan pendidikan lingkungan hidup, selaindapat memberikan kesadaran kepada anak anak akan pentingnya menjagalingungan juga dapat mengetahui sejauh mana kepedulian mereka dalam menjagalingkungan.
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERUBAHAN POLA KONSUMSI PANGAN LOKAL KE PANGAN BERAS DI PAPUA BARAT Afriansyah, S.Sos., S.Psi., M.Si., M.Agr., M.H.; Irjani Dewijanti, S.P.,M.P, Indra
Jurnal Berbasis Sosial Vol 1 No 2 (2020): JBS
Publisher : Prodi Pendidikan IPS STKIP AL MAKSUM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap perubahan pola konsumsi pangan lokal ke pangan beras di Papua Barat. Pangan lokal yang awalnya adalah pangan pokok telah menjadi pangan subtitusi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian adalah data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi pada responden. Sementara data sekunder diperoleh melalui referensi dan data dari instansi yang terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan terjadi pergeseran konsumsi masyarakat secara masif pada perubahan pola konsumsi pangan sagu dan lokal ubi menjadi pangan beras di Papua Barat. Sebagian besar rumah tangga lebih memilih mengkonsumsi pangan beras, karena mudah didapatkan, harga terjangkau, mudah diolah dan rasannya yang enak. Perubahan pola konsumsi ini mengakibatkan tingkat kesukaan konsumsi pangan lokal sagu dan ubi menurun, ketersediaannya pun berkurang, sehingga harga sagu dan ubi menjadi mahal. Saran yang dapat disampaikan sebagai masukan pemerintah agar menyusun aturan terkait program kedaulatan pangan khususnya pangan lokal sagu dan ubi, program subsidi pangan yang berbasis pangan lokal seperti sagu, punyuluhan mengenai penganekaragaman konsumsi pangan yang bergizi dan seimbang terutama dalam memanfaatkan potensi pangan lokal.
STRATEGI PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI ERA COVID-19 Studi Pada Guru SMP Negeri I Bahorok Kabupaten Langkat Kahar Mashuri, S.Sos.i, M.Si
Jurnal Berbasis Sosial Vol 1 No 2 (2020): JBS
Publisher : Prodi Pendidikan IPS STKIP AL MAKSUM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Didalam proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat, di mana pendidik memberikan keteladanan dan membangun kemauan peserta didik untuk berpartisipasi aktif, mengembangkan potensi, kreativitas dan kemandiriannya sesuai dengan bakat, minat serta perkembangan fisik dan psikologis. Akan tetapii disaat ini proses tersebut tidak lagi bisa dilakukan dengan baik seperti biasanya, semua itu disebabkan dunia sedang diguncang dengan adanya virus corona atau yang sekarang disebut dengan Covid- 19 (Corona Virus Desease), Negara Indonesia pun tak luput dari paparan Covid-19. Bahkan Indonesia menjadi negara dengan jumlah akumulasi paparan Covid-19 tertinggi di Asia Tenggara. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran daring guru sekolah menengah pertama di era covid-19 ( Studi kasus pada Guru SMP Negeri I Bahorok Kabupaten Langkat ). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah studi kasus melalui wawancara dengan analisis tematik pada 5 ( Lima ) guru SMP negeri 1 Bahorok Kabupaten Langkat dan beberapa orang tua murid yang sedang bersekolah di SMP Negeri I Bahorok Kabupaten Langkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum strategi pembelajaran daring guru SMP negeri 1 Bahorok Kabupaten Langkat adalah dengan mendatangi murid ke rumah-rumah untuk mengajari cara belajar melalui daring.

Page 1 of 4 | Total Record : 35