Pembelajaran IPS menjadi landasan penting bagi perkembangan intelektual,emosional, budaya, dan sosial peserta didik. Jumlah masalah sosial mungkindisebabkan oleh terlalu rendahnya pendidikan IPS. Dengan metode penelitianstudi kasus kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasiuntuk menjawab pertanyaan-pertanyaan fokus adalah: Bagaimana cara belajar,membentuk karakter gotong royong, toleransi, sikap cinta tanah air dalampembelajaran sosial siswa di SMP Swasta AL Maksum. Hasil wawancaradiperoleh dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMP Swasta ALMaksum. Proses mengintegrasikan pendidikan karakter gotong royong, toleransidan cinta tanah air dengan mata pelajaran IPS sehingga guru akan lebih mudahuntuk mengintegrasikan ke dalam materi yang akan diajarkandan dalammenerapkan siswa di kelas, memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter ke dalamSehingga RPP menjadi satu kesatuan yang nantinya peserta didik dapatmembentuk sikap sosial dalam proses pembelajaran sosial yang berlangsung diSMP Swasta AL Maksum.
Copyrights © 2020