Nubuwwah : Journal of Communication and Islamic Broadcasting
Vol 3 No 02 (2025): EDISI AGUSTUS 2025

OPTIMALISASI MEDIA DAKWAH VISUAL DI TV ISLAMIC CENTER

Febriyanti, Mawar Nur (Unknown)
Nabila, Reva Cahya (Unknown)
Aprilia, Eva (Unknown)
Septian, Galang (Unknown)
Amalia, Kaisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan media dakwah visual di TV Islamic Center Samarinda. Pengelolaan TV ini dibantu oleh jamaah dan dukungan dari UPT Perpustakaan, dimana pengurus fokus pada pengelolaan konten berbasis dakwah melalui kanal YouTube dan Facebook, sementara tim ta'mir bertanggung jawab atas pembuatan video pendek. Tantangan utama meliputi keterbatasan sumber daya manusia, yang diatasi dengan dukungan anak muda, dan adaptasi terhadap perkembangan industri media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggali informasi mendalam melalui wawancara dengan pengurus TV Islamic Center Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan potensi optimalisasi media dakwah visual melalui peningkatan kualitas produksi video, diverifikasi platform media sosial, dan pelatihan bagi tim produksi untuk meningkatkan kemampuan dalam mengikuti perkembangan teknologi terkini. TV Islamic Center Samarinda memiliki peran penting dalam dakwah visual, namun perlu strategi optimalisasi yang berkelanjutan untuk meningkatkan jangkauan dan efektivitas dakwah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Nubuwwah

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Nubuwwah : Journal of Communication and Islamic Broadcasting Jurnal dalam bidang keilmuan komunikasi yang diterbitkan oleh Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD), UIN Sultan Aji Muhammad Idris ...