Model pembelajaran tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) merupakan pendekatan pembelajaran kooperatif yang menekankan kerja sama dalam kelompok untuk meningkatkan hasil belajar. Dalam konteks olahraga bola basket, keterampilan passing adalah fundamental yang sangat memengaruhi efektivitas permainan tim. Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas model STAD dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan passing bola basket. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan menelaah artikel-artikel ilmiah dari jurnal nasional dan internasional yang dipublikasikan dalam rentang waktu sepuluh tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan model STAD mampu meningkatkan keterampilan teknis passing, motivasi belajar, serta kemampuan komunikasi dan kerja sama siswa. Penilaian yang berbasis kelompok namun tetap mempertimbangkan pencapaian individu juga terbukti meningkatkan tanggung jawab siswa terhadap proses pembelajaran. Selain itu, model ini mendorong siswa untuk saling membantu dan mendukung dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kajian ini menyimpulkan bahwa model STAD dapat dijadikan alternatif strategis dalam pembelajaran pendidikan jasmani untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan motorik, khususnya passing bola basket.
Copyrights © 2025