Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 3 No. 10 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Oktober 2025

Implementasi Model Pembelajaran Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Passing Bola Basket: Kajian Studi Literatur

Damayanti, Ni Kadek Novi (Unknown)
Hita, I Putu Agus Dharma (Unknown)
Mahotama, Ida Bagus Gede Jaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2025

Abstract

Model pembelajaran tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) merupakan pendekatan pembelajaran kooperatif yang menekankan kerja sama dalam kelompok untuk meningkatkan hasil belajar. Dalam konteks olahraga bola basket, keterampilan passing adalah fundamental yang sangat memengaruhi efektivitas permainan tim. Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas model STAD dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan passing bola basket. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan menelaah artikel-artikel ilmiah dari jurnal nasional dan internasional yang dipublikasikan dalam rentang waktu sepuluh tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan model STAD mampu meningkatkan keterampilan teknis passing, motivasi belajar, serta kemampuan komunikasi dan kerja sama siswa. Penilaian yang berbasis kelompok namun tetap mempertimbangkan pencapaian individu juga terbukti meningkatkan tanggung jawab siswa terhadap proses pembelajaran. Selain itu, model ini mendorong siswa untuk saling membantu dan mendukung dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kajian ini menyimpulkan bahwa model STAD dapat dijadikan alternatif strategis dalam pembelajaran pendidikan jasmani untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan motorik, khususnya passing bola basket.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JIM) is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published twelve issue a year, every month with online version of E-ISSN: 3026-3808. JIM provides a platform for researchers, academics, professionals, ...