Jurnal Aksara Raga
Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga

Pelatihan Metode Role-Playing Berbasis Culturally Responsive Teaching Bagi Guru PJOK dalam Menanamkan Nilai Sportivitas di Sekolah Menengah Pertama

Budiman, Budiman (Unknown)
Hendya Alif Junanda (Unknown)
Diky Hadyansah (Unknown)
Muhammad Ilham Noer 'Alim (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru PJOK Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menerapkan metode role-playing berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk menanamkan nilai sportivitas pada siswa. Latar belakang kegiatan ini adalah rendahnya sikap sportivitas siswa dalam pembelajaran PJOK yang lebih menekankan pada keterampilan teknis dibandingkan aspek afektif. Metode pelaksanaan dilakukan melalui analisis kebutuhan, pelatihan dalam bentuk workshop, micro teaching, pendampingan implementasi di kelas, evaluasi, dan tindak lanjut. Khalayak sasaran adalah 20 guru PJOK dari tiga SMP mitra di Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru sebesar 78% berdasarkan perbandingan skor pre-test dan post-test, serta keterampilan guru dalam micro teaching mencapai kategori baik (rata-rata skor 82 dari 100). Observasi kelas juga menunjukkan adanya peningkatan perilaku sportif siswa, khususnya dalam menerima kemenangan dan kekalahan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

aksaraga

Publisher

Subject

Education Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Aksara Raga, jurnal Pengabdian pada Masyarakat terbitan STKIP Pasundan Cimahi, yang berdiri pada tahun 2019. Jurnal ini menerbitkan artikel hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam lingkup pendidikan, yang berkualitas tinggi untuk mendukung terlaksananya Tridharma ...