Tujuan penelitian meningkatkan kemampuan anak inklusi menghafal surat-surat pendek menggunakan model SIUUL. Subjek penelitian anak usia 4-6 tahun di RA. AlMunawaroh Telaga Murni Cikarang sebanyak 15 anak. Penelitian dilakukan selama bulan februari-april 2023. Metode dalam penelitian menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Tahapan metode ini yakni 1) tahap simak, 2). tahap ucap, 3). tahap ulang. Kegiatan dilaksanakan dengan tiga siklus. Peningkatan hasil yang diteliti menunjukan kemampuan hafalan surat pendek dengan prosentase perolehan siklus I bisa hafal ayat pendek dengan lancar 58,5%, mampu mengingat atau menyebutkan bagian huruf, kata dan kalimat dengan artikulasi yang tepat 47,1%, mampu mengucapkan ketika diperintahkan guru 56,1%, siklus II mampu menghafal ayat pendek dengan lancar 66,7%, mampu mengingat atau menyebutkan bagian huruf, kata dan kalimat dengan artikulasi yang tepat 59%, mampu mengucapkan ketika diperintahkan guru 65,7% dan pada siklus III mampu menghafal ayat pendek dengan lancar 78,9%, mampu mengingat atau menyebutkan bagian huruf, kata dan kalimat dengan artikulasi yang tepat 84,1%, mampu mengucapkan ketika diperintahkan guru 84,3%.
Copyrights © 2023