Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran konstruktivisme sebagai upaya peningkatan nilai moral dan agama pada anak serta mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran kontruktivisme dalam meningkatkan nilai moral dan agama pada anak. Nilai moral dan agama merupakan satu aspek terpenting dalam kehidupan seorang anak, karena aspek ini akan menentukan baik buruknya tigkah laku anak. Model pembelajaran kontruktisvitik perlu di terapkan, agar nilai moral dan agama pada diri anak dapat tertanam dengan baik. Pendekatan konstruktivisme merupakan pendekatan yang menjelaskan bahwa pengetahuan seseorang dibangun oleh dirinya sendiri, pendekatan ini mengutamakan pengalaman langsung dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuallitatif. Adapun teknik pengumuplan datanya yaitu menggunakan observasi dan wawancara. Observasi dilakukan disekolah selama kegiatan berlangsung, sementara wawancara dilakukan kepada guru kelas A TK PKBM Melati Kec.Rimba Melintang, Riau. Berdasarkan penelitian didapat hasil bahwa perkembangan nilai agama moral anak usia 4-5 tahun di TK PKBM Melati Kec. Rimba Meling, Riau memperoleh hasil 75% dengan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan).
Copyrights © 2022