Jurnal Pendidikan Guru Profesional
Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN GURU PROFESIONAL

Improving Students' Ability To Write Narrative Texts Through Mind Mapping-Assisted Problem-Based Learning Models

Shidiq Ghozali, Hairis (Unknown)
Widarti Lestari, Maria Yosephin (Unknown)
Maimunah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XI SMA N 6 Semarang tahun ajaran 2023/2024 dalam menulis teks narrative melalui teknik mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Terdapat dua siklus pembelajaran yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam penelitian ini. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes dan observasi. Analisis data yang digunakan dengan menghitung nilai tes per siklus, rata-rata hasil belajar siswa per siklus, dan persentase ketuntasan belajar dengan ketuntasan standar individu dengan skor 75. Dari hasil tes pada penelitian ini, hasil tersebut meningkat pada siklus I dan II. Pada siklus I nilai rata-rata 79.31 meningkat menjadi 88.11 pada siklus II, yang artinya meningkat 8.8% poin. Ini berarti bahwa pengajaran menulis melalui mind mapping meningkatkan keterampilan menulis siswa. Peningkatan juga terjadi pada hasil masing-masing sub indikator tes tulis antara siklus 1 dan 2.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpgp

Publisher

Subject

Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN GURU PROFESIONAL menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian konseptual di bidang PPG. JURNAL PENDIDIKAN GURU PROFESIONAL mempublikasikan hasil penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan kualitatif dan/atau kuantitatif di bidang PPG. Jurnal ini mencakup semua ...