Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri Tlogoweru 1 Kecamatan Guntur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design bentuk one gorup pretest-posttest. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh nilai rata-rata untuk pretest sebesar 60,45 sedangkan untuk posttest sebesar 79,09. Setelah dilakukan uji t berpasangan diperoleh nilai thitung = 12,937. Dengan taraf signifikan sebesar 5% dan n = 22 diperoleh ttabel = 2,080. Maka, thitung > ttabel artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model discovery learning. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS peserta didik Kelas IV SD Negeri Tlogoweru 1 Kecamatan Guntur.
Copyrights © 2024