Jurnal Pendidikan Guru Profesional
Vol. 2 No. 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN GURU PROFESIONAL

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Pengaruh Gaya terhadap Benda Kelas IV SD Negeri Tlogoweru 1 Kecamatan Guntur

Permatasari, Zuliana (Unknown)
Ferina Agustini (Unknown)
Diana Endah Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri Tlogoweru 1 Kecamatan Guntur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design bentuk one gorup pretest-posttest. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh nilai rata-rata untuk pretest sebesar 60,45 sedangkan untuk posttest sebesar 79,09. Setelah dilakukan uji t berpasangan diperoleh nilai thitung = 12,937. Dengan taraf signifikan sebesar 5% dan n = 22 diperoleh ttabel = 2,080. Maka, thitung > ttabel artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model discovery learning. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS peserta didik Kelas IV SD Negeri Tlogoweru 1 Kecamatan Guntur.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpgp

Publisher

Subject

Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN GURU PROFESIONAL menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian konseptual di bidang PPG. JURNAL PENDIDIKAN GURU PROFESIONAL mempublikasikan hasil penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan kualitatif dan/atau kuantitatif di bidang PPG. Jurnal ini mencakup semua ...