Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk melihat apakah ada peningkatan terhadap hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dan bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dan respon siswa terhadap pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitianini adalah pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X-1 SMA Negeri Bunga Bangsa yang berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil pengolahan data memperlihatkan bahwa ketuntasan individual pada siklus I sebanyak 30%,ketuntasan klasikal 40%. Pada siklus II ketuntasan individual meningkat menjadi 60%dan klasikal 70%.Selanjutnyapadasiklus IIIketuntasannya meningkat menjadi 90% secara individual dan secara klasikal menjadi 93%. Aktivitas guru dan siswa pada siklus I terdapat 7 aktivitas yang sesuai atau 70%, pada siklus II aktivitas yang sesuai menjadi 8 dengan persetase 82% dan pada siklus III meningkat menjadi 10 dengan persetase 100%. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I diperoleh skor 2,28 dengan kategori sedang, pada siklus II meningkatmenjadi 2,83 dengan kategori baik dan pada siklus III menjadi 3,76 dengan kategori sangat baik. Respon siswa pada umumnya baik, sebanyak 92% siswa di Kelas X-1 IPS SMA Negeri Bungan Bangsa menyatakan dapat memahami, termotivasi, menyenangkan dan dapat menjawab soal evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model Giving Question and Getting Answer Berbantuan Media Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Geografi dengan persentase jawaban 96% Ya dan 3,7% yang menyatakan Tidak.Kata Kunci :Model Kooperatif,Giving Question and Getting Answer, Media Kahoot,Hasil Belajar
Copyrights © 2024