Model pembelajaran cooperative script adalah secara tidak langsung terdapat kontrak belajar antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa mengenai cara berkolaborasi. Media audiovisual merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk melihat apakah ada peningkatan terhadap hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dan bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dan respon siswa terhadap pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri Negeri 10 Banda Aceh yang berjumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil pengolahan data memperlihatkan bahwa ketuntasan individual pada siklus I sebanyak 40% dari 20 soal hanya 8 butir soal yang tuntas, dan ketuntasan secara klasikal 50% hanya 10 siswa dari 20 siswa yang mencapai KKM. Pada siklus II ketuntasan individual meningkat menjadi 60% dari 20 soal hanya 12 butir soal yang tuntas dan klasikal 75% hanya 15 siswa dari 20 siswa yang mencapai KKM. Selanjutnya pada siklus III ketuntasannya meningkat menjadi 90% dari 20 soal sebanyak 18 butir soal yang sudah tuntas, secara individual dan secara klasikal menjadi 95% sebanyak 19 siswa dari 20 siswa yang mencapai KKM. Aktivitas guru dan siswa pada siklus I terdapat 7 aktivitas yang sesuai atau 64%, pada siklus II aktivitas yang sesuai menjadi 9 dengan persetase 82% dan pada siklus III meningkat menjadi 10 dengan persetase 100%. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I diperoleh skor 2,23 dengan kategori sedang, pada siklus II meningkat menjadi 2,26 dengan kategori baik dan pada siklus III menjadi 3,83 dengan kategori sangat baik. Respon siswa berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, bahwa model Cooperative Script berbantuan Media Script dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan persentase jawaban 96% Ya dan 3,7% yang menyatakan Tidak.
Copyrights © 2025