Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
Vol. 12 No. 2 (2025)

Analisis Isi Buku Pelajaran Bahasa Bali Kusuma Sastra Kelas VII SMP Negeri 3 Singaraja

Laras Novitasari, Ni Putu (Unknown)
Ida Bagus Made Ludy Paryatna (Unknown)
Ida Bagus Putra Manik Aryana (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Buku teks adalah sumber utama yang digunakan untuk menunjang kreatifitas belajar para siswa dan disesuaikan dengan alur tujuan pembelajaran yang digunakan. Adanya sebuah alur tujuan pembelajaran digunakan untuk sarana penunjang kegiatan belajar mengajar pada sebuah instansi sekolah, buku teks atau sering kita dengar dengan sebutan buku pelajaran merupakan juga media dalam kegiatan belajar. Agar sebuah buku teks dapat dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran, maka buku teks tersebut harus memiliki beberapa unsur didalamnya. Unsur-unsur yang dimaksudkan adalah materi pokok, cover buku, latihan soal, informasi pendukung, dan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai analisis isi dari buku pelajaran bahasa Bali. Metode penelitian yang digunakan dalam menganalisis adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi dokumentasi dan wawancara. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah buku pelajaran bahasa Bali “Kusuma Sastra” karya Dr. Drs. Wayan Suardiana, M.Hum., dkk, dan objek dalam penelitian ini adalah terkait dengan isi dari buku teks. Hasil dari penelitian ini mendapatkan beberapa kesalahan dalam kesalahan penulisan huruf kapital, kesalahan penulisan huruf miring, kesalahan penulisan tanda titik, dan kesalahan penulisan kata.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJPBB

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Balinese Language ...