Dharmakarya : Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat
Vol 14, No 1 (2025): Dharmakarya

SOSIALISASI APLIKASI KAHOOT, MENTIMETER DAN SKETCHFAB UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI MTs TARBIYATUL FALAH BEKASI

Khalif, Mhd. Idham (Unknown)
Djuana, Tjhwa Endang (Unknown)
Rambung, Richard Antonius (Unknown)
Ariwibowo, Anung Barlianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tarbiyatul Falah adalah MTs yang berlokasi di Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Berdasarkan hasil wawancara dan diskusi dengan para guru, menghadapi tantangan berupa rendahnya interaksi siswa di kelas, yang berdampak pada menurunnya motivasi belajar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya interaksi dan motivasi belajar siswa di MTs Tarbiyatul Falah dengan memperkenalkan dan mensosialisasikan penggunaan aplikasi pembelajaran interaktif, Kahoot, Mentimeter, dan Sketchfab, sebagai media pendukung dalam proses belajar mengajar di  kelas. Metode pelaksanaan berupa sosialisasi dan pelatihan kepada 9 guru dengan memperkenalkan fitur dan penggunaan aplikasi Kahoot, Mentimeter, dan Sketchfab yang dapat disesuaikan dengan materi ajar dan mendorong partisipasi aktif siswa. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test serta penyebaran kuesioner kepuasan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 89 dan post-test sebesar 99. Selain itu, para peserta menyatakan puas terhadap kegiatan yang dilaksanakan dan menilai aplikasi yang diperkenalkan sangat relevan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Dapat diambil kesimpulan, bahwa penggunaan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis teknologi dapat menjadi solusi untuk meningkatkan keterlibatan siswa di kelas. Namun, implementasinya memerlukan perencanaan jadwal yang intensif serta pengawasan dari pihak guru agar tetap selaras dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. 

Copyrights © 2025