AL TADIB : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 6 No 2 (2017)

KONSEP PEMBELAJARAN YANG TERKANDUNG DALAM AL-QUR’AN SURAT AN-NAHL AYAT 78 (STUDI KOMPARASI TAFSIR AL-MISBAH DAN TAFSIR AL-MARAGHI)

Said, Ali (Unknown)
Fadli, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2017

Abstract

Artikel hasil penelitian ini membahas konsep pembelajaran Perspektif Tafsir Al-MisbahSurat An-Nahl 78 bahwa Setiap manusia harus menggunakan kalbu dalam hal memahami, wahyu,ilham dan intuisi karena indera penglihatan dan pendengaran tidak dapat menangkapnya. Akal hanyabisa mampu berfungsi dalam batas-batas tertentu dalam menuntut ilmu hendaklah akal digunakansebaik mungkin dan tidak mengesampingkan kalbu yang khususnya dalam bidang-bidang agama, danketika ada informasi hendaklah mendengarkan dengan saksama dan ketika menggunakan penglihatanhendaklah fokus pada permasalahan yang dilihatnya, agar tidak digunakan setengah-setengah. Denganpendekatan kualitatif literer penelitian ini membadingkan Tafsir Misbah dan Tafsir Al Maraghi terkaitkonsep pembelajaran. Hasil penelitian ini ada persamaan juga perbedaan konsep pembelajarandiantara dua tafsir tersebut yang mana keduanya membahas manfaat dari pendengaran, penglihatan,dan akal serta mengajarkan manusia bagaimana menggunakan akal agar tidak terjerumus dalamkesesatan. Sedangkan perbedaannya terletak pada metode penafsiran dan pembagian akal dimana AlMisbah membagi dua yaitu daya piker dan daya kalbu sedangkan Al Maraghi menjelaskan akal secaraglobal. Juga perbedaan dalam pengelompokkan dalam meraih pengetahuan.Kata Kunci: Konsep Pembelajaran, Akal, Qalbu

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

al-tadib

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Al Tadib: Jurnal Pendidikan Islam is a scientific journal published twice a year, in March and September. This journal contains scientific articles related to the study of Islamic education from various approaches and perspectives. The topics covered in this journal include, but are not limited to: ...