AL TADIB : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 11 No 1 (2021): Jurnal Imu Pendidikan Al Ta'dib

HUBUNGAN KELENGKAPAN SARANA DAN PRASARANA MADRASAH DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 JOMBANG

Anjasari, Defi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2021

Abstract

Kelengkapan sarana dan prasana berpengaruh terhadap perkembangan belajar peserta didik terutama dalam membentuk keaktifan belajar peserta didik. Semakin lengkap sarana dan prasarana dalam suatu Madrasah maka semakin baik keaktifan belajar peserta didik. Seperti halnya di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang, sarana dan prasarana yang dimiliki sudah memadai dan lengkap untuk digunakan dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran fiqih, oleh karena itu peneliti kemudian tertarik melakukan penelitian yang berkaitan dengan hubungan kelengkapan sarana dan prasarana Madrasah dengan keaktifan belajar peserta didik. Peneliti melaksanakan penelitian ini agar dapat mengetahui seberapa besar hubungan kelengkapan sarana dan prasarana Madrasah dengan keaktifan belajar peserta didik. Dalam penelitian yang telah dilakukan peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitiannya menggunakan expostfacto dan jenis penelitian menggunakan penelitian korelasional. Peneliti menggunakan dokumentasi dan angket dalam teknik pengambilan data. Sedangkan analisis data yang dipakai dalam penelitian ini ialah menggunakan product moment, cronbach’s alpha, dan uji korelasi spearman rank, yang diuji menggunakan SPSS IBM 20.0. Hasil dari uji spearman rank diperoleh nilai Sig. 0,000 kurang dari 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan kelengkapan sarana dan prasarana Madrasah dengan keaktifan belajar peserta didik. Pada kolom koefisien korelasi diperoleh nilai 0,574 termasuk dalam interval 0,040-0,599 yang artinya memiliki hubungan sedang atau cukup.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-tadib

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Al Tadib: Jurnal Pendidikan Islam is a scientific journal published twice a year, in March and September. This journal contains scientific articles related to the study of Islamic education from various approaches and perspectives. The topics covered in this journal include, but are not limited to: ...