Jurnal Pendidikan Islam Al Ikhlas
Vol 2 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Agama Islam

Implementasi Metode Ummi dalam Menghafal Al-Qur’an di MI Istiqomah Sambas Purbalingga

Nasywa Adelia, Faisya (Unknown)
Mulyani, Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2025

Abstract

Al-Qur’an adalah pedoman utama bagi umat Islam, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui perantara Malaikat Jibril yang membacanya dianggap sebagai suatu ibadah yang sangat mulia. Pembelajaran Al-Qur’an penting dalam menciptakan generasi Qur’ani yang mampu menyelamatkan peradaban dunia di masa depan sebagaimana yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad. Setiap lembaga pendidikan pasti mempunyai program pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas peserta didik. MI Istiqomah Sambas Purbalingga merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam di Purbalingga yang mengutamakan pembelajaran Al-Qur’an, yang memiliki program unggulan salah satunya yaitu program metode ummi dalam menghafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi metode ummi dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif atau penelitian lapangan dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi literatur. Lokasi yang diteliti adalah MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Subjek penelitian terdiri dari, kepala madrasah, kepala bidang keagamaan, guru tahfidz dan ummi, siswa kelas 2. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana pelaksanaan metode ummi dalam menghafal Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode ummi dalam menghafal Al-Qur’an di MI Istiqomah Sambas Purbalingga telah memberikan kontribusi yang positif dalam peningkatan kemampuan peningkatan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa. pelaksanaan pembelajaran dimulai dari pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, Latihan/keterampilan, evaluasi, dan penutup dengan menggunakan pedoman breakdown. Kegiatan pembelajaran berjalan efektif ditandai dengan evaluasi peserta didik yang membaca Al-Qur’an sudah baik dan benar dan sudah mencapai target yang telah ditentukan setiap harinya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PPAI

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Islam Al-Ikhlas merupakan jurnal ilmiah open access yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ikhlas Dairi Sidikalang. Jurnal ini berkomitmen menjadi media publikasi akademik yang berkualitas dan kredibel di bidang Pendidikan Agama Islam. Diterbitkan dua kali dalam ...