Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol. 9 No. 2 (2024): Benefit : Volume 9 Desember No 2 tahun 2024

Determinan Repurchase Intention Rangkaian Bunga JD Bloom Florist

Khairiyakh, Refa'ul (Unknown)
Kurniasari, Selamita Rusdiana (Unknown)
Irianto, Heru (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2024

Abstract

Nilai ekonomis yang tinggi dari bunga potong mendorong terbukanya peluang usaha rangkaian bunga (florist), khususnya di kota Surakarta. Hal ini mendorong persaingan dagang yang ketat antar florist, sehingga florist perlu mempertahankan keberlangsunga usahanya, melalui pendekatan yang berorientasi pada niat pembelian ulang. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah JD Bloom Florist yang telah berdiri sejak tahun 2015 dan merasakan dampak adanya persaingan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi repurchase intention konsumen dalam membeli rangkaian bunga. Sebanyak 130 konsumen JD Bloom Florist termasuk dalam populasi sampel, dan analisis data dilakukan menggunakan SEM-AMOS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Theory of Planned Behavior (TPB), dengan memasukkan variabel perceived value dan customer satisfaction dengan variabel endogen repurchase intention. Hasil Temuan menunjukkan bahwa niat beli ulang dipengaruhi oleh sikap, norma subyektif subjektif, kontrol perilaku, perceived value, dan customer satisfaction. Perceived value berpengaruh terhadap customer satisfaction dan customer satisfaction berperan sebagai variabel mediasi secara parsial antara variabel perceived value dan repurchase intention.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

benefit

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis presents empirical, theoretical and methodological articles in business and management realms, specifically in marketing, finance, organizational management, human resource management, operational management, and ...