Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika menurut tahapan Kastolan serta hubungan kesalahan tersebut dengan kecemasan matematika yang dialami siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel yang dikaitkan dengan kondisi kecemasan matematika yang memengaruhi proses berpikir siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 7 orang siswa kelas VIII.1 UPT SMPN 2 Mattiro Bulu yang dipilih berdasarkan hasil tes dan rekomendasi guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara mendalam, untuk mengetahui jenis kesalahan, dan kondisi kecemasan matematika siswa. Data dianalisis berdasarkan jenis kesalahan menurut tahapan kastolan, yaitu kesalahan konseptual, prosedural, dan teknikal. Serta dikaitkan dengan kecemasan matematika yang dialami oleh siswa. Hasil penelitian analisis kesalahan dalam mengerjakan soal menurut tahapan Kastolan berdasarkan kecemasan matematika siswa yang dilakukan pada mei-juni 2025, menunjukkan bahwa siswa dengan kecemasan tinggi cenderung melakukan kesalahan konseptual, siswa dengan kecemasan sedang cenderung melakukan kesalahan prosedural, dan siswa dengan kecemasan rendah cenderung melakukan kesalahan teknikal. Selain itu, teknik guru dalam mengajar juga cukup memiliki pengaruh dalam mengendalikan kondisi kecemasan siswa dalam belajar matematika. Sehingga guru membutuhkan pendekatan yang sesuai agar proses pembelajaran lebih efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025