Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika tipe High Order Thinking Skill (HOTS) ditinjau dari gaya belajar Kolb. Penelitian ini dilakukan di MA Baitul Maqdis Totallang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang terdiri dari empat siswa yang perinciannya satu siswa bergaya belajar Diverger, satu siswa bergaya belajar Assimilator, satu siswa bergaya belajar Converger, dan satu siswa bergaya belajar Accommodator. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama yang didukung oleh angket gaya belajar Kolb, tes diagnosik, dan pedoman wawancara. Pengecekan kredibilitas data mengunakan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan : (1) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam pemecahan masalah matematika tipe HOTS dengan gaya belajar Diverger adalah kesalahan konsep pada tahap memahami masalah dan tahap merencanakan penyelesaian serta kesalahan operasi pada tahap menyelesaikan masalah berdasarkan tahapan pemecahan masalah Polya; (2) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam pemecahan masalah matematika tipe HOTS dengan gaya belajar Assimilator adalah kesalahan operasi dan kesalahan prinsip pada tahap menyelesaikan masalah berdasarkan tahapan pemecahan masalah Polya; (3) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam pemecahan masalah matematika tipe HOTS dengan gaya belajar Converger adalah kesalahan konsep pada tahap merencanakan penyelesaian dan tahapan melihat kembali berdasarkan tahapan pemecahan masalah Polya; (4) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam pemecahan masalah matematika tipe HOTS dengan gaya belajar Accommodator adalah kesalahan konsep pada tiap tahapan pemecahan masalah Polya.
Copyrights © 2024