Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompleksitas pembelajaran bahasa Arab di lingkungan pendidikan dasar, khususnya di SD Laboratorium UNG. Sekolah ini mengimplementasikan pengajaran bahasa Arab kepada peserta didik non muslim dan peserta didik berkebutuhan khusus (ABK), yang menghadirkan tantangan tersendiri dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan strategi pembelajaran yang diterapkan guru bahasa Arab terhadap peserta didik non muslim, (2) Menjelaskan strategi pembelajaran yang diterapkan guru bahasa Arab terhadap peserta didik berkebutuhan khusus, (3) Mengidentifikasi tantangan yang dihadapi guru dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu pada kelas IV Genius yang memiliki dua peserta didik non muslim dan tiga peserta didik berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran yang diterapkan kepada peserta didik non muslim secara umum belum sepenuhnya responsif terhadap keragaman latar belakang keagamaan. Seluruh peserta didik, baik muslim maupun non muslim, memperoleh materi yang sama tanpa adanya adaptasi konten yang bersifat spesifik. (2) Seluruh peserta didik berkebutuhan khusus mendapatkan perlakuan dan materi ajar yang sama tanpa modifikasi berdasarkan kebutuhan kognitif, sosial, maupun emosional. Guru belum secara aktif menerapkan strategi pengajaran visual dan kinestetik yang terbukti efektif bagi ABK. (3) Salah satu tantangan yang dihadapi guru bahasa Arab yaitu; ketiadaan diferensiasi pembelajaran menjadi hambatan utama dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik non muslim dan peserta didik berkebutuhan khusus. Keterbatasan waktu dan sumber daya menyebabkan guru belum mampu menghadirkan strategi pengajaran yang benar-benar adaptif terhadap keberagaman karakteristik peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025