Jurnal Lempu
Vol. 2 No. 3 (2025): November

Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas III Di SDN Kompleks IKIP

Rahmah, A. Annisa (Unknown)
Achmad, Widya Karmila Sari (Unknown)
Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menyelidiki seberapa efektif model Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam meningkatkan keterampilan memecahkan masalah yang terkait dengan soal cerita matematika di kalangan siswa kelas III di SDN Kompleks IKIP. Penelitian ini menggunakan kerangka penelitian tindakan kelas yang mencakup siklus perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan evaluasi. Peserta dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas tiga dari berbagai latar belakang akademis. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi, tes kemampuan memecahkan soal cerita sebelum dan sesudah penerapan model, serta angket respon siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Temuan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan siswa untuk menyelesaikan masalah cerita setelah penerapan model Pembelajaran Berbasis Penyelidikan. Pada siklus pertama, hanya 15% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum, sedangkan pada siklus kedua, angka ini meningkat menjadi 74%. Temuan ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Berbasis Penyelidikan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dan mendorong keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lempu

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...