Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPA pada peserta didik kelas IV di UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Makassar T.A 2024/2025 melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) menerapkan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua tahap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV.A SDI BTN IKIP I makassar dengan 29 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, angket, dan lembar kerja peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada minat belajar peserta didik antara Siklus I dan Siklus II. Pada Siklus I, sebagian besar peserta didik berada pada kategori Kurang dan Kurang Sekali, sedangkan pada Siklus II, lebih banyak peserta didik yang mencapai kategori Baik dan Baik Sekali, serta penurunan pada kategori Kurang dan Kurang Sekali. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA. Penelitian ini menyarankan agar metode ini terus dikembangkan dan diterapkan di kelas lain untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025