Jurnal Lempu
Vol. 2 No. 3 (2025): November

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III UPT SPF SDN KIP V Bara-Baraya Melalui Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi

Annisa, Ayati (Unknown)
Nurhaedah, Nurhaedah (Unknown)
Ismawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di UPT SPF SDN KIP V Bara-Baraya. Kuesioner, tes evaluasi , dan lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas III UPT SPF SDN KIP V Bara-Baraya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat ditingkatkan dengan penggunaan pembelajaran berdiferensiasi. Persentase belajar siswa yang tuntas meningkat secara signifikan, menurut data yang dikumpulkan. Hanya 60% siswa yang tuntas pada tahap pra-siklus; jumlah ini meningkat menjadi 65% pada siklus I dan 85% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bagaimana pengajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Keberhasilan belajar juga sangat dipengaruhi oleh elemen eksternal seperti dukungan lingkungan belajar dan faktor internal seperti motivasi dan minat siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lempu

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...