Jurnal Masyarakat Madani Indonesia
Vol. 4 No. 4 (2025): November (In Progress)

Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mengukur Critical Thinking melalui E-Assessment pada Kurikulum Merdeka

Oktaviani, Coryna (Unknown)
Mauliza, Mauliza (Unknown)
Nurhafidhah, Nurhafidhah (Unknown)
Ginting, Ngalemisa (Unknown)
Lubis, Rahmadya Fajri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Peningkatan kompetensi pedagogik guru, khususnya dalam merancang sistem penilaian berbasis teknologi, menjadi kebutuhan yang krusial dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Guru diharapkan mampu menerapkan E-Assessment Learning untuk mengukur keterampilan critical thinking siswa secara objektif dan adaptif. Namun, masih banyak guru yang belum memiliki pemahaman mendalam tentang pemanfaatan teknologi dalam sistem evaluasi khususnya guru SMP Negeri 1 Peureulak. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan dan pendampingan bagi guru untuk dapat mengembangkan dan menggunakan E-Assessment Learning dalam proses penilaian pembelajaran, khususnya untuk mengukur critical thinking. Beberapa permasalahan mitra yang disepakati bersama tim pengusul adalah masih rendahnya pengetahuan dan keterampilan mitra dalam mengembangkan dan mengintegrasikan E-Assessment Learning untuk mengukur critical thinking dalam pembelajaran. Adapun solusi yang ditawarkan adalah melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan yang dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan mitra dalam mengintegrasikan E-Assessment Learning untuk mengukur critical thinking dalam pembelajaran. Hasil kegiatan pengabdian diperoleh 86% guru SMP Negeri 1 Peureulak memberikan tanggapan dan respon yang baik selama kegiatan pelatihan. Hasil pengukuran kemampuan guru SMPN 1 Peureulak dalam mengintegrasikan E-Assessment Learning dalam pembelajaran pada kategori baik sebesar 80%. Demikian pula, hasil pengukuran motivasi peserta menerapkan E-Assessment Learning dalam pembelajaran khususnya untuk mengukur critical thinking sebesar 84%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus pada penelitian dan program keterlibatan akademisi-komunitas untuk memajukan teori, penelitian, dan praktik yang berguna bagi masyarakat. Selain mengenal semua istilah filosofis di lapangan, yaitu community engagement, development, empowerment, dan service, kami juga menyambut ...