Journal Of Digital Communication Science
Vol. 3 No. 1 (2025): Journal of Digital Communication Science

Paradoks Dalam Slogan Warung Makan Bakso di Gegerkalong, Isola, Kota Bandung: Kajian Semiotika Pierce

Wulandari, Diah (Unknown)
Octavianissa, Icha Nur (Unknown)
Putri, Annisa Rizqika Hermalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penggunaan slogan telah menjadi fenomena menarik dalam praktik bisnis di Indonesia. Slogan bisnis kuliner, "Makan yang Banyak, Biar Dietnya Kuat" menciptakan efek humor dan ironi yang menarik perhatian konsumen, sekaligus memperkuat citra usaha. Penelitian ini menganalisis paradoks dalam slogan warung makan bakso di Gegerkalong, Kota Bandung, menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk membedah makna paradoks dalam slogan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humor dan kontradiksi dalam slogan ini berfungsi untuk membangun hubungan emosional dengan pelanggan, membedakan warung dari kompetitor, dan meningkatkan daya ingat terhadap pelaku usaha. Temuan ini memberikan wawasan tentang adanya humor dan paradoks dalam membangun pesan pemasaran yang efektif dan relevan bagi konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jdcs

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Digital Communication Science opens for manuscript that had focus on the following issues: Management Communication Digital Public Relations Mass Media Marketing and Business Communication Cultural Communication Online Media Political Communication Organizational ...