Komunikasi interpersonal yang baik antara guru dan siswa dapat menjadi faktor penting untuk memotivasi belajar. Interaksi atau jalinan komunikasi antara guru dan siswa yang baik dapat menimbulkan manfaat untuk mendorong dan memberi semangat belajar siswa. Guru perlu menciptakan lingkungan mendukung dan membuat suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, sehingga dapat membangun motivasi belajar siswa. Hal ini membuat penulis tertarik untuk mengetahui gaya komunikasi interpersonal the structuring style dan the dynamic style yang dilakukan oleh guru Bahasa Jepang, serta bagaimana cara guru Bahasa Jepang membangun motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Jepang. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengamati suatu kejadian, fenomena, atau keadaan secara sosial. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumen, dan dokumentasi. Informan kunci pada wawancara ini ialah guru Bahasa Jepang, dan informan pendukung ialah siswa XI SP 3. Dengan jumlah guru 1 orang, dan siswa 5 orang.
Copyrights © 2025